7 November 2012

Tips Berpresentasi Yang Baik Dan Efektif

 

Presentasi adalah cara berkomunikasi antara pembicara dan pendengar dengan menyajikan data, bertujuan untuk mempengaruhi dan meyakinkan pendengar atau audience agar apa yang dikomunikasikan dapat mudah dimengerti , dipahami dan diingat . Lalu Apa Manfaatnya? Bila anda sudah berhasil mempenagruhi serta meyakinkan pendengar , tentunya pendengar akan percaya apa saja yang anda katakan atau anda sampaikan adalah bagus.

Untuk melakukan presentasi yang baik dan benar , kita harus melakukan proses komunikasi yang meliputi dua arah , yaitu pesan yang harus disampaikan dengan jelas namun prosesnya akan menjadi lengkap bila anda merasa yakin bahwa pesan anda telah diterima dengan baik dan mudah dipahami .

Ada pula perbedaan berpresentasi antara yang baik dengan yang buruk yaitu :

1. Presentasi Yang Baik :

-Energi dan penuh semangat .
-Kontak mata dengan audiens .
-Berbicara dengan jelas dan cukup keras .
-Sesekali bergerak saat berbicara .
-Menggunakan anekdot dan humor yang sesuai .
-Argumen-argumen terstruktur dengan baik .
-Slide dapat dibaca .
-Tipe slide bervariasi .
-Tidak lebih dari 1 slide per menit .
-Variasi teknologi lain, misalnya video .
-Selesai tepat waktu dan sediakan waktu untuk Tanya jawab .

2. Presentasi Yang Buruk :

-Tujuan tidak jelas .
-Postur tubuh kurang baik, tidak ada kontak mata, dan berbicara dengan suara yang monoton .
-Pengulangan yang tidak perlu (dalam presentasi atau dari pembicara sebelumnya) .
-Kurang persiapan .
-Terlalu rumit/sederhana bagi audiens .
-Terlalu banyak slide .
-Slide tidak dapat dibaca .
-Penggunaan efek-efek teknis Power Point yang berlebihan .
-Penggunaan warna yang buruk pada slide .
-Pengunaan peralatan teknis yang keliru .
-Melebihi waktu yang dialokasikan untuk presentasi anda .

klik disini untuk mengetahui lenih jelas lagi .
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar